PILIH NOTEBOOK ATAU NETBOOK


netbook

Netbook

notebook

Notebook

Netbook mulai membumbung namanya sekitar 2 tahun yang lalu di Indonesia. Notebook sudah 10 tahun lebih ada di Indonesia. Nah, apa sih yang membedakan antara Netbook dan Notebook?? Bagaimana sebaiknya kita mengoptimalkan kinerjanya supaya tidak salah persepsi.

Langsung saja kita menelaah satu persatu :

Netbook :

  1. Fungsi utamanya adalah untuk browsing internet, chatting dan email.
  2. Secara fisik umumnya lebih kecil dari pada Notebook. Artinya, semakin kecil sebuah device jalur untuk menyampaikan data juga lebih cepat karena lebih pendek (kecil). Lebih enteng untuk mobile dan presentasi.
  3. Kemampuan Procesor : menggunakan processor ATOM, artinya, spesifikasi Procesor Atom jauh kemampuannya dibanding dengan Procesor Notebook seperti Intel ataupun AMD. Atom memiliki L2 Chace (untuk multitasking/banyak proses dalam waktu bersamaan) lebih kecil dibanding Intel Celeron, yang artinya kecepatan procesornya dibawah Intel Celeron. Karena untuk browsing intenet bukan membutuhkan L2 Chace besar, Pentium 3 pun sudah cukup untuk browsing internet cepat asal bandwith nya kenceng.
  4. Baterai lebih tahan lama dibanding dengan Notebook (dengan Ampere yang sama akan lebih boros Notebook). Kira2 Netbook normal bisa 5-8 Jam. Untuk Notebook standar 2-4 jam. (Walaupun sekarang Acer telah mengklaim baterainya kuat 8 jam). Itu kan teknologi, hehehe..
  5. Memiliki kemampuan grafis yang standart, artinya saya tidak menyarankan Netbook dipakai untuk main games yang berat.
  6. Kemampuan multimedia terbatas.

Notebook

  1. Notebook memiliki multifungsi, Internet, chatting, browsing, multimedia, games, office bahkan render film.
  2. Secara fisik lebih besar bentuknya dari Netbook. Walaupun sekarang banyak bentuk yang lebih compact (kecil dan praktis).
  3. Kemampuan Procesor : Procesor Notebook lebih powerfull, artinya biasanya Notebook menggunakan procesor yang tinggi L2 Chace nya, artinya akan lebih siap dan cepat untuk multimedia, games, grafis yang tinggi dan gambar yang halus.
  4. Baterai umumnya lebih boros dibanding Netbook. Karena untuk menyuplai daya ke LCD dan komponen lainnya, seperti mainboard dan speaker.
  5. Biasanya Notebook sudah dibekali vga onboard(vga share memori dengan Notebook/mengurangi ram Notebook) maupun off board (memiliki ram memori vga yang tidak memakan ram Notebook).
  6. Kemampuan multimedia bisa diandalkan. Walaupun tidak sepowerfull PC yang khusus multimedia.

Kesimpulan : silahkan anda menggunakan teknologi tersebut dengan bijaksana, artinya teknologi atau produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan aktifitas anda.

5 comments on “PILIH NOTEBOOK ATAU NETBOOK

  1. Nice info…
    mungkin perlu ditambhakn juga mengenai harga keduanya yang selisihnya lumayan.
    Kalo buat kerja sih mending pilih notebooknya, kalo buat online mobile pakai netbook.
    so, kalo pengen fungsi yang lebih optimal ya punya dua duanya
    wkwkwk
    =D

  2. Nice Information .!!!!

    tolong di tambah kan harga kedua nya ..
    dan juga tempat jual nya .
    saya lagi cari note book …
    šŸ˜€

    Terimakasih šŸ™‚

Tinggalkan komentar